Rabu, 02 Juni 2010

Gardu Induk

Pada kesempatan ini, saya mau berbagi ilmu tentang Gardu Induk...
Ada banyak jenis - jenis gardu induk.

Jenis - jenis gardu induk :

1. Berdasarkan jenis isolasi busbar
a. Gardu Induk SF6
Gardu induk seperti ini sangat hemat tempat sebab menggunakan gas SF 6 sebagai isolasi antara bagian yang bertegangan dan ditempatkan didalam suatu selubung besi. Sering disebut Gardu Induk SF 6 atau disingkat GIS.



b. Gardu Induk Konvensional
Gardu Induk yang menggunakan udara menjadi isolasi antara bagian yang bertegangan dan dengan demikian memerlukan tempat yang cukup luas.




2. Berdasarkan Busbar
a. Gardu Induk dengan system ring busbar.
Adalah gardu induk yang busbar berbentuk ring yaitu semua rel/busbar yang ada tersambung satu sama lain dan membentuk seperti ring / cicin.



b. Gardu Induk dengan single busbar.
Adalah gardu induk yang mempunyai satu / single busbar . pada umumnya gardu dengan system ini adalah gardu induk diujung atau akhir dari suatu transmisi.



c. Gardu Induk dengan double busbar.
Adalah gardu induk yang mempunyai dua / double busbar . Sistem ini sangat umum, hamper semua gardu induk menggunakan system ini karena sangat efektif untuk mengurangi pemadaman beban pada saat melakukan perubahan system (maneuver system).




d. Gardu Induk dengan satu setengah / one half busbar.
Adalah gardu induk yang mempunyai dua / double busbar . Gardu induk Pembangkitan dan gardu induk yang sangat besar menggunakan system ini karena sangat efektif dalam segi operasional dan dapat mengurangi pemadaman beban pada saat melakukan perubahan system (maneuver system). Sistem ini menggunakan 3 buah PMT didalam satu diagonal yang terpasang secara serie.




Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. . . .

^.^
About The Author
Bie, that's my name. Im just an ordinary blogger.Ea eam labores imperdiet, apeirian democritum ei nam, doming neglegentur ad vis. Ne malorum ceteros feugait quo, ius ea liber offendit placerat, est habemus aliquyam legendos id. Eam no corpora maluisset definitiones.
Share This
Subscribe Here

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Twitter

Followers

Ariya Theonata Copyright © 2009 DarkfolioZ is Designed by Bie Blogger Template for Ipietoon